Tips merawat wajah secara tepat

Salah satu cara mencegah terjadinya penuaan dini adalah dengan membersihkan wajah secara tepat dan dilakukan secara rutin. Membersihkan wajah secara benar juga mencegah beragam masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, noda hitam, keriput,dan garis halus. Membersihkan wajah secara rutin dan tepat membuat wajah bersih dan cerah sehingga dapat tampil percaya diri. Berikut tips membersihkan wajah secara tepat;

Gunakan sabun pembersih muka yang sesuai jenis kulit.
Jenis kulit wajah berbeda-beda, ada yang normal, kering, berminyak, sensitif atau kombinasi. Kulit wajah kering membutuhkan pembersih muka yang dapat melembabkan. Kulit wajah berminyak membutuhkan pembersih muka yang melembabkan tanpa membuat kulit nampak berminyak.

Membersihkan wajah secara rutin, minimal 2 kali sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Membersihkan wajah pada pagi hari bertujuan menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah saat tidur. wajah perlu dibersihkan dari make up, debu dan polusi yang menempel di wajah selama beraktivitas di luar rumah.

Namun lebih baik jika membersihkan wajah setiap kali setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan wajah berkeringat atau setiap kali setelah beraktivitas di luar rumah, agar keringat tidak menempel lama di wajah dan menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

Membersihkan wajah dengan cara yang benar
Membersihkan wajah diawali dengan membasuh wajah menggunakan air hangat, letakkan sabun pembersih di telapak tangan, gosok telapak tangan hingga sabun berbusa lalu usapkan pada wajah dengan pijatan lembut secara melingkar menggunakan ujung jari. Lalu bilas dengan air hingga kesat, keringkan dengan cara menepuk wajah dengan handuk bersih.

Menggunakan pelembab. Pelembab wajah digunakan setelah wajah dibersihkan agar kelembaban kulit wajah terjaga. Gunakan pelembab sesuai jenis kulit. Pelembab wajah yang baik mengandung bahan yang dapat melembabkan wajah secara alami, menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel dan jaringan kulit.

Menggunakan tabir surya agar kulit terhindar dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan diri, memicu timbulnya flek hitam, keriput dan kanker kulit. Pemakaian tabir surya sebaiknya diulang setiap 2 jam jika beraktivitas di luar rumah dan di bawah terik matahari.

Menjalani pola hidup sehat
Merawat kulit wajah juga harus dilakukan dari dalam, dengan cara menerapkan pola hidup sehat, seperti tidak merokok, makan makanan bernutrisi, minum air putih sehari 2 L, olah raga secara teratur dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.***(rina)