Tips menjaga kesehatan kulit

kulit sehat

Menjaga kesehatan kulit bukan sekedar demi pernampilan tapi karena kulit memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebagai bagian  terluar tubuh, kulit  melindungi kita dari paparan ultra violet, beragam zat kimia dan mikroorganisme yang berbahaya.

Berikut beberapa peran kulit dalam kesehatan yang perlu kita ketahui;

Kulit merupakan bagian terluar tubuh sehingga memberikan perlindungan fisik dari sinar ultra violet dan bahan kimia berbahaya.

Kulit memiliki  sifat antibody yaitu berperan dalam mempertahanakan imunitas tubuh dalam melawan benda asing atau mikroorganisme berbahaya.

Kulit memiliki pori-pori yang berfungsi mengeluarkan keringat. Keringat tak lain merupakan mekanisme pengeluaran racun atau zat yang tidak diperlukan tubuh.

Kelenjar dan pembuluh darah yang ada di kulit memungkinkan kulit untuk mengatur suhu tubuh. Dengan melakukan perawatan kulit, suhu tubuh akan terjaga dengan baik.

Kulit adalah indra peraba dengan berbagai reseptor dan saraf yang tersebar di seluruh permukaan kulit, berfungsi dalam menjalankan aktivitas keseharian.

Kulit memfasilitasi pembentukan vitamin D, yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

Kulit memiliki nilai estetis yang memberi penampilan baik. Kulit segar dan sehat akan membuat tubuh secara keseluruhan terlihat sehat.

 

Tips menjaga kesehatan kulit

Pertama, mengonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi menjaga kesehatan kulit dari dalam. Mengkonsumsi sayur dan buah dapat membuat kulit sehat dan segar karena kandungan air, serat, vitamin dan mineralnya menutrisi kulit.

Kedua, membersihkan kulit secara teratur dengan cara mandi sehari dua kali. Mandi secara teratur pagi dan sore untuk membersihkan kulit dari keringat,  mengangkat sel kulit yang sudah mati, zat  kimia dan mikroorganisme dari debu dan polusi.

Ketiga, memilih sabun mandi yang  cocok dan mengandung nutrisi untuk kulit. Pilih sabun mandi sesuai jenis kulit, jika memiliki kulit cenderung kering, pilih sabun mandi yang dilengkapi pelembab. Untuk jenis kulit sensitif yang rentan radang, kering dan gatal-gatal, sebaiknya pilih sabun yang mengandung bahan kimia alami dan  memiliki pH seimbang.

Bagi yang tidak tahu jenis kulitnya apa, atau berubah-ubah tergantung kondisi lingkungan, memilih sabun yang cocok untuk segala jenis kulit seperti sabun SEBU akan menjadi solusi.

Keempat, saat akan beraktivitas di luar rumah dan kulit terpapar matahari, debu dan polusi, sebaiknya gunakan lotion yang memiliki fungsi melembabkan sekaligus mengandung zat anti ultra violet.

Jika kulit terasa kasar dan kering, gunakan lotion, karena kulit kering cenderung mudah terinfeksi mikroorganisme (jamur, bakteri atau virus) yang menyebabkan kulit gatal dan iritasi.***(rina)