Tips memilih sabun mandi

Mandi selain merupakan  ritual membersihkan kulit juga momen untuk menutrisi kulit dan relaksasi. Jadi sebaiknya pilih sabun mandi yang memiliki tiga fungsi di atas. Agar dapat membersihkan kulit sabun harus mengandung antiseptik. Agar menutrisi kulit sabun mengandung zat yang menyehatkan kulit. Untuk menjadikan mandi sebagai ritual relaksasi, pilih sabun dengan wangi yang lembut dan tidak terlalu menyengat.

Berikut tips memilih sabun;

Pilih sabun mandi sesuai jenis kulit

Terutama untuk yang memiliki kulit sensitif, yang rentang meradang, kering dan gatal, pastikan sabun mandi yang dipilih mengandung bahan kimia alami dan pH seimbang. Jika menggunakan sabun mandi yang mengandung bahan antibakteri atau antiseptik, gunakan yang berasal dari dari bahan alami agar kulit tidak mengering.

Sabun mengandung antiseptik

Fungsi utama sabun adalah membersihkan kulit dari kotoran seperti sisa keringat, sel kulit yang mati, mikroorganisme yang menempel, bahan kimia, debu dan sebagainya, untuk itu sabun mandi harus mengandung antiseptik agar mikroorganisme seperti bakteri, jamu dan virus yang menempel pada kulit mati.

Sabun mengandung nutrisi untuk kesehatan kulit

Agar kulit sehat dan segar, kulit harus mendapat asupan nutrisi yang baik, selain nutrisi dari makanan yang kita konsumsi, tambahan nutrisi dari luar bisa didapatkan dari sabun. Untuk itu pilih sabun yang mengandung nutrisi untuk kesehatan kulit. Indikasi kulit sehat, kulit terlihat segar, cerah, tidak kering dan kusam.

Melembutkan dan melembabkan kulit

Jika sabun mandi yang digunakan cocok, kulit akan terasa nyaman setelah memakainya; tidak membuat gatal, iritasi atau kulit kering. Pada kemasan sabun biasanya dicantumkan kandungan sabun dan manfaatnya, pilih yang memiliki fungsi melembutkan dan melembabkan kulit selain membasmi kuman dan kotoran.

Lebih baik mengandung bahan kimia alami

Sabun dengan bahan kimia alami tidak hanya cocok untuk kulit sensitif tapi semua jenis kulit cenderung cocok. Sabun dengan kandungan bahan kimia alami tidak memberikan hasil secara instant (segera), misal sabun dengan bahan kimia alami memiliki fungsi mencerahkan kulit, hasilnya baru akan terlihat setelah pemakaian rutin yang agak lama, tapi baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Sabun dengan parfum yang lembut

Terasa tidak mandi kalau setelah mandi tapi ga wangi. Benar gak? Wangi memunculan perasan segar dan fresh. Wangi juga mendorong mood positif.***(rina)