Ternyata ada ya, makanan yang bisa bikin kulit glowing. Mau tahu?

Kulit yang sehat dan bersinar tidak hanya didapatkan dari produk-produk perawatan kulit alias pemakaian luar. Sebab, hal tersebut juga bisa didapatkan dari gaya hidup Anda sendiri, termasuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Ya, makanan-makanan tertentu bisa memberikan manfaat bagi kulit Anda. Tak hanya bikin kulit sehat, tetapi juga glowing, seperti yang diidam-idamkan banyak orang. Hal ini karena makanan-makanan tersebut memiliki kandungan-kandungan tertentu yang baik untuk kulit. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dirangkum dari Eat This, Not That, Minggu (15/11/2020).

Wortel
Di urutan pertama ada wortel, yang terkenal baik untuk kesehatan mata. Rupanya, wortel juga bagus lho untuk menghilangkan jerawat. Pasalnya, wortel mengandung banyak beta-karoten dan vitamin A, antioksidan yang mencegah produksi sel berlebihan di lapisan luar kulit. Ini artinya, lebih sedikit sel-sel mati yang bisa bercampur dengan sebum untuk menyumbat pori-pori Anda. Plus, vitamin A berperan penting dalam mengurangi perkembangan sel kanker kulit.

Salmon
Selain menjadi salah satu sumber omega-3 anti-inflamasi yang paling manjur, salmon juga mengandung dimethylaminoethanol (DMAE). Kandungan tersebut mempromosikan kesehatan kulit karena melindungi integritas membran sel. Ini bisa memperkuat membran sel dan mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan dini. Nutrisi ini juga membantu mencegah produksi asam arakidonat (AA), prekursor peradangan yang mengarah pada pembentukan kerutan. Tak sampai di situ, DMAE juga bekerjasama dengan vitamin B untuk meningkatkan kadar asetilkolin, neurotransmitter yang penting untuk fungsi otot agar menjaga wajah Anda terlihat kencang.

Pepaya
Buah tropis ini mengandung sejumlah besar enzim aktif yang memberikan manfaat kesehatan, termasuk untuk kulit. Salah satu kandungannya adalah enzim chymopapain yang telah digunakan untuk meredakan peradangan penyebab penyakit kulit. Selain itu, satu cangkir pepaya segar dan matang mengandung 144 persen dari kebutuhan harian vitamin C Anda sehingga bisa memperkuat produksi kolagen Anda.

Bayam
Sayur-sayuran hijau memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bayam adalah salah satunya yang mudah dibuat dan tentunya bermanfaat untuk kulit. Pasalnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, orang yang makan sayuran paling banyak telah mencegah karsinoma sel skuamosa pada kulit. Peneliti berspekulasi bahwa tingginya kadar folat, vitamin B esensial yang membantu menjaga dan memperbaiki DNA, dalam sayuran ini dapat mengurangi kemungkinan pertumbuhan sel kanker. Jadi, mana makanan favorit Anda?***

***
Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul ” 4 Makanan Ini Bisa Bikin Kulit Glowing Lho, Mau Coba? “, Klik untuk baca: https://www.inews.id/travel/kuliner/4-makanan-ini-bisa-bikin-kulit-glowing-lho-mau-coba?page=all.