Siap mengarungi new normal, kembali produktif

Mau tidak mau, siap tidak siap, kita memasuki era new normal, era dimana kita dituntut untuk menerapkan kebiasaan baru sebagai bentuk adaptasi terhadap keberadaan virus Covid-19 yang hingga saat ini belum ditemukan obat atau vaksinnya. Berita terbaru, vaksin sudah ditemukan namun masih dalam tahap uji coba, mungkin satu hingga tiga tahun lagi vaksin ini dapat digunakan.

Tentu kita tidak dapat berpangku tangan selama menunggu obat dan atau vaksin virus Covid-19, kita dituntut produktif, kembali bekerja. Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan secara online, tak heran ada beberapa kantor yang menghentikan aktivitas WFH nya dan back to office.

Agar tetap aman, bukan hanya untuk diri sendiri, juga keluarga di rumah, berikut tips kembali produktif saat new normal;

Mematuhi protokol kesehatan
Jika beraktivitas di luar rumah, terutama untuk bekerja, patuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer, mencuci tangan dengan sabun saat ada fasilitas untuk itu tersedia (di kantor atau fasilitas umum), untuk muslim selalu membawa perlengkapan pribadi untuk beribadah seperti mukena (untuk perempuan) dan sajadah (untuk laki-laki).

Memilih aktivitas online
Pikir ulang jika akan melakukan meeting dengan klien di coffee shop, café atau restoran. Jika bisa dilakukan secara virtual, why not? Ini untuk mengurangi resiko penyebaran atau penularan Covid-19.

Begitu pun dengan kebiasaan hangout dengan teman, untuk ngopi atau nonton, sebaiknya dipikir ulang jangan sampai menyesal dikemudian hari. Sistem imun kita mungkin kuat terhadap virus Covid-19 tapi bagaimana dengan anggota keluarga di rumah seperti anak-anak dan orang tua. Tanpa disadari kita bisa menjadi pembawa virus tanpa gejala (OTG).

Rindu kumpul dengan teman untuk sementara bisa diobati secara online dengan aplikasi video conference seperti Zoom atau Google Meet.

Lebih baik transaksi non tunai
Berdasarkan penelitian virus Covid-19 dapat menular melalui uang kertas, karena virus dapat bertahan pada media ini selama beberapa jam. Untuk keamanan, jika bertransaksi di minimarket, supermarket atau mall sebaiknya gunakan non tunai. Hal ini juga untuk menghindari antrian terlalu lama.

Sebelum memutuskan membeli sesuatu ke mall atau toko alangkah baiknya mempertimbangan untuk membeli secara online, jauh lebih aman, hemat waktu dan membantu penghasilan para kurir.

Lakukan hobi sebagai stress release
Siapa sih yang ga pernah stress dengan keadaan pandemi ini walaupun tingkat kestressannya berbeda dan tidak setiap saat. Imbas sosial dan ekonomi pandemi ini begitu besar, tanpa disadari anak-anak pun mungkin stress karena hanya berkutat di rumah selama berbulan-bulan, tapi mereka tidak sadar dan tak tahu cara mengungkapkannya, yang mereka tahu hanya bosan dan kesal. Orang dewasa malah lebih complicated.

Hobi bisa menjadi salah satu cara melepaskan stress release. Lakukan hobi yang memungkinkan kita relaks dan senang. Tidak punya hobi? Mungkin bisa mencoba berkebun, membaca buku, memotret atau apapun, atau bahkan bisa menambah penghasilan dengan berjualan online. intinya find your hobby and enjoy.***(rina)