Sedang punya jerawat di hidung? Simak ini untuk menyembuhkannya!

Salah satu jerawat yang kehadirannya begitu mengganggu jika sudah muncul adalah jerawat yang terjadi di hidung. Berbeda dengan jerawat pada umumnya yang muncul di wajah, jerawat di hidung biasanya akan terasa lebih gatal, terlebih lagi jika terjadinya di dalam hidung. Nah bagi siapa saja yang sedang mengalami masalah ini, penting untuk membaca informasi ini sampai selesai.

Mengapa jerawat di hidung bisa muncul?

Sebelum menjelaskan cara menghilangkan jerawat yang ada di hidung, ada lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu kenapa jerawat yang satu ini bisa menimpa seseorang. Penting untuk diketahui bahwa penyebab munculnya jerawat ini adalah tersumbatnya pori-pori yang diakibatkan oleh minyak berlebih atau pun sel-sel kulit mati.

Hal ini akan menyebabkan bakteri menjadi lebih mudah untuk berkembang biak. Jika hal ini terjadi maka hidung pun akan merasakan iritasi dan peradangan. Inilah awal mula  munculnya jerawat pada hidung. Selain itu, jerawat ini juga bisa disebabkan karena infeksi dan cenderung lebih mudah menyerang pada seseorang yang memiliki kekebalan tubuh rendah.

Bagaimana cara menyembuhkan jerawat di hidung?

Tenang dan tidak perlu khawatir, itulah yang harus dikedepankan saat jerawat muncul di hidung. Hal ini dikarenakan jerawat yang terjadi di hidung pun masih bisa disembuhkan. Nah berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar jerawat yang muncul di hidung bisa segera sembuh.

1. Oleskan salep

Salep terbaik yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat ini adalah salep yang mengandung antiseptik atau retinoid. Agar bisa mendapatkan salep yang sesuai dengan kondisi jerawat yang sedang dialami, cobalah untuk menghubungi dokter kulit terdekat.

2. Mengompres hidung dengan air hangat

Selain menggunakan salep, ada cara yang lebih mudah dan praktis. Hanya saja cara yang satu ini hanya bisa dilakukan jika jerawat yang terjadi belum parah. Cukup dengan mengompres hidung dengan air panas selama 15 menit, maka hal itu bisa mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada hidung.

3. Menggunakan minyak esensial

Salah satu obat yang bisa meredakan rasa nyeri pada jerawat di hidung adalah minyak esensial. Beberapa minyak yang bisa dipilih adalah tea tree oil, rosemary oil, dan masih banyak yang lainnya. Namun pastikan bahwa tidak memiliki alergi terhadap minyak esensial yang akan digunakan.

4. Pakailah antibiotik

Antibiotik sangat cocok digunakan jika jerawat yang muncul di hidung disebabkan oleh infeksi bakteri. Dengan menggunakan antibiotik seperti bacitracin, maka jerawat pada hidung pun bisa disembuhkan. Namun jika infeksi yang terjadi semakin parah maka disarankan untuk segera menghubungi dokter

3. Cuci muka dengan sabun SEBU Antiseptik

Mencuci muka dengan SEBU Antiseptik sangat efektif untuk menghilangkan jerawat. Dengan kandungan Povidone Iodine dan bahan-bahan alami lainnya, kulit wajah Anda akan tetap terjaga kelembapannya.

Bisakah jerawat yang satu ini dicegah?

Mencegah daripada mengobati memang harus menjadi prinsip dalam hal apapun, termasuk juga dalam masalah jerawat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa terhindar dari munculnya jerawat yang ada di hidung. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Pastikan jangan sembarangan saat menyentuh hidung
  • Hindari membuang ingus terlalu keras
  • Saat ngupil, jangan lakukan terlalu dalam
  • Gunakan alat yang bersih dan steril saat akan mencukur bulu hidung
  • Agar daya tahan tubuh tidak menurun, hindarilah stress

Nah itulah beberapa hal yang perlu diketahui seputar jerawat yang muncul di hidung. Namun tidak usah khawatir, jika hal-hal yang telah dijelaskan diatas diikuti dengan benar, maka jerawat di hidung pun akan hilang dengan sendirinya. Silahkan bagikan informasi ini siapa tau ada kerabat yang sedang membutuhkannya.***(olga)