Salah pilih sabun muka bisa sebabkan 5 hal ini

Merawat wajah terkadang bisa menjadi hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, kebutuhan kulit wajah antara satu orang dan lainnya berbeda. Kebutuhan ini juga didasarkan pada jenis kulit mereka, seperti mereka yang memiliki kulit sensitif membutuhkan pembersih wajah yang mengandung bahan ringan agar tidak memperparah kondisi kulit. Jadi, pastikan untuk menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

Berdasarkan kutipan dari Halodoc, apabila kita salah memilih sabun muka, maka muncul beberapa tandanya seperti:

1. Breakout berlebih
Apakah kita merasa jerawat di wajah malah muncul saat mencoba berganti skincare? Bisa jadi penyebabnya terletak di sabun muka yang digunakan. Kemungkinan penyebabnya ada dua, yaitu sabun cuci muka yang digunakan menyebabkan kulit kering dan merusak skin barrier, sehingga kulit tidak terlindungi dan mudah terserang bakteri penyebab jerawat. Atau bisa juga sabun cuci muka bersifat terlalu tebal dan sulit terbilas dengan baik, sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jadi, sebaiknya pilihlah pembersih wajah yang gentle di kulit.

2. Kulit jadi kemerahan
Tanda yang ini kerap dialami seseorang yang memiliki kulit sensitif. Tanda kemerahan dapat muncul di area hidung dan pipi usai mencuci wajah. Jika sudah begini, maka segera ganti sabun muka dan pilih sabun yang tidak mengandung zat yang berpotensi mengiritasi kulit seperti fragrance atau alkohol.

3. Kulit jadi kasar dan kusam
Tanda lain yang bisa terjadi akibat kamu salah pilih sabun wajah adalah kulit menjadi kasar dan kusam. Hal ini disebabkan karena produk yang digunakan membuat kulit mengalami dehidrasi. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, tekstur kulit akan semakin kasar karena kurangnya air. Akibatnya, wajah tampak lebih kusam karena hal tersebut.

4. Kulit terasa seperti tertarik
Mungkin kita pernah mengalami kondisi ini, karena ini adalah kondisi umum saat kita salah memilih sabun wajah. Pembersih yang menyebabkan sensasi ini tandanya mengganggu skin barrier dan mengangkat habis minyak alami pada kulit, serta membuat pH kulit tidak seimbang. Selain bertambah kering, kulit menjadi tidak mampu menyerap skincare dengan maksimal.

5. Muncul minyak berlebihan
Kulit berminyak yang bahkan sebabkan wajah kita mengkilap juga tanda dari salah memilih sabun wajah. Bagi pemilik kulit berminyak, sebaiknya memilih produk pembersih wajah yang bersifat oil-free atau oil-absorbing. Dengan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan, kulit akan terasa lebih nyaman.

Jika tanda-tanda di atas kita alami, segera menghentikan penggunaannya. Jika masih membutuhkan informasi lebih lengkap, kita sebaiknya menanyakan dan berkonsultasi dengan dokter yang ahli dibidang kesehatan dan kecantikan supaya bisa mendapatkan saran yang terbaik untuk kondisi kesehatan kulit wajah kita.***(arya)