Perlukah kita pakai skincare?

Pahami Rutinitas Perawatan Kulit  demi Kesehatan Anda

Skincare atau perawatan kulit, sekarang jadi kata kunci yang paling dicari di mesin pencarian Google. Bukan hanya karena ada hubungannya dengan pengaruh budaya Korea atau meningkatnya kasus kanker kulit. Melainkan, ini menjadi salah satu pola hidup sehat sederhana di tingkat permukaan tubuh.

Rutinitas perawatan kulit mungkin terdengar seperti pengobatan yang mahal, padahal, langkah-langkah untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah sebuah kebutuhan yang mudah diterapkan. “Merawat sejak dini kesehatan kulit Anda, dengan perawatan kulit yang teratur, tidak hanya akan melindunginya dengan lebih baik dari efek keras musim dingin, tetapi juga membuat Anda tetap terlihat dan merasa terbaik sepanjang tahun,” kata Steven Nwe, DO, seorang dokter kulit pada Northwestern Medicine.

“Kunci ketahanan kulit adalah mengetahui (kondisi) dan merawat kulit Anda dengan baik,” tambahnya.

Hal yang utama adalah Anda perlu mempertimbangkan jenis kulit Anda. Apakah kering, berminyak atau kombinasi. Seiring musim, kadang kulit juga menjadi lebih kering.

Maka Anda harus menyesuaikan rangkaian skincare apa yang paling penting, agar kulit menjadi sehat. Artinya, jenis produk apa yang benar-benar Anda butuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersih.

Pembersih

Pembersih adalah yang akan Anda gunakan untuk mencuci tubuh atau muka dan penting untuk menggunakan produk yang ditujukan sesuai kebutuhan Anda. Tidak menggunakan sembarang sabun apa pun yang Anda miliki dipakai untuk semua area tubuh mana saja.

Cucilah muka atau badan dengan lembut dan berhati-hatilah agar tidak menggosok terlalu keras. Kemudian, khusus wajah, bilas dengan air sedikit hangat, karena air terlalu panas bisa menghilangkan minyak alami dan menyebabkan kulit Anda mengalami dehidrasi. Untuk tubuh, dapat dibilas dengan air hangat atau dingin  sesuai kebutuhan.

Jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan yang tidak mengandung alkohol atau pewangi. Jika kulit Anda cenderung berminyak, Anda pasti ingin mencari opsi bebas minyak. Khusus wajah  Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan toner juga.

Toner

Toner diaplikasikan setelah mencuci muka untuk menghaluskan, melembutkan dan menenangkan kulit. Toner sering kali mengandung bahan yang mengisi dan mengembalikan nutrisi ke kulit Anda dan dapat menghilangkan kemerahan dan kulit kering.

Pelembab

Seperti pembersih, pelembab ditujukan untuk semua orang dan harus digunakan setiap kali setelah Anda mencuci muka. Bagi Anda dengan kulit berminyak, misalnya, dapat memanfaatkan produk yang ringan, bebas minyak penyebab komedo, atau gel.

Pelembap mencegah kulit Anda mengering, membuat kulit Anda terhidrasi dan halus. Paling efektif bila pelembab diterapkan saat kulit Anda sedikit basah, sehabis mandi untuk mengunci kelembapan.

Tabir surya

Beberapa pelembap mengandung SPF, tetapi tidak salah juga menggunakan tabir surya – terutama jika pelembab Anda memiliki SPF di bawah 30. Pastikan Anda tahu cara penggunanya ya.

Oleskan tabir surya setiap hari, bahkan saat mendung, ataupun saat Anda memakai pakaian tertutup. Saat Anda terpapar matahari, oleskan kembali setiap dua jam.

Pastikan tabir surya Anda melindungi dari sinar UVA dan UVB. Mungkin memang hal ini tidak menyebabkan Anda khawatir dengan kanker kulit, tetapi paparan sinar UV juga menjadi penyebab nomor satu dari keriput, warna kulit tidak merata, kehilangan kekencangan dan tanda-tanda penuaan.

Eksfoliasi

Ini adalah produk yang mungkin Anda merasa tidak perlu terapkan setiap hari. Jika Anda memiliki kulit kering, termasuk kulit kering yang disebabkan udara dingin, Anda mungkin melakukan eksfoliasi lebih dari biasanya. Tetapi, maksimal Anda harus tetap melakukannya sekali atau dua kali seminggu untuk regenerasi kulit.

Eksfoliasi dapat digunakan setelah pembersih tetapi sebelum pelembab, karena membantu menghilangkan kulit bersisik dengan meningkatkan pergantian sel kulit.

Manfaatnya nyata yakni, menghilangkan kulit mati dan penumpukan untuk kulit yang lebih halus dan pori-pori yang lebih bersih. Para ahli kulit akan lebih merekomendasikan exfoliant kimiawi daripada scrub untuk mencegah kerusakan pada lapisan pelindung kulit Anda.

Serum

Pilihan lain untuk tambahan di rutinitas skincare Anda adalah serum wajah. Biasanya mengandung bahan antioksidan atau retinol. Gunanya agar kulit menjadi tidak terlalu kemerahan, diperbaiki teksturnya, dan lebih kencang.

Pola penggunaan skincare

Perawatan kulit badan dan wajah berbeda. Kukit badan relatif sama perawatannya di pagi dan malam hari, kecuali Anda dalam keadaan perlu pengobatan akibat penyakit kulit secara klinis.

Sementara rutinitas perawatan kulit wajah di pagi hari harus fokus pada pencegahan dan perlindungan untuk siang hari. Sedangkan rutinitas malam hari Anda harus fokus pada pembersihan dan perbaikan.

Kebanyakan orang hanya perlu benar-benar mencuci muka sekali sehari. Di pagi hari, membilas dengan air hangat sebelum menggunakan pelembab dan tabir surya sudah cukup.

Sementara di malam hari, setelah seharian penuh terpapar udara berpolusi dan keringat, perawatan yang lebih khusus disarankan. Oleh karena itu, sebelum tidur, Anda harus mencuci muka dengan pembersih untuk menghilangkan kotoran dan riasan kemudian menggunakan toner, exfoliant dan serum jika Anda mau. Bagaimanapun, selalu akhiri dengan pelembab.

Sekalipun Anda sedang berlibur atau beraktivitas di rumah, pastikan Anda mencuci wajah yang telah berkeringat atau terkena debu. Karena, keringat dan debu dapat menyumbat pori-pori yang memperburuk kulit wajah yang mudah berjerawat (acneprone). Kunci utama dan pertama adalah bersihkan wajah Anda dari makeup sebelum tidur dan jangan iseng menyentuh-nyentuh kulit wajah Anda, apalagi saat berjerawat.

Skincare sesuai cuaca

Perubahan musim dapat membawa perubahan pada perawatan kulit Anda dan mungkin produk yang Anda gunakan, tetapi tidak memerlukan perombakan besar-besaran dari rutinitas Anda. Pada cuaca dingin, dibutuhkan pelembab ekstra. Cuaca dingin berkontribusi pada kekeringan (seperti halnya panas dari radiator) dan angin juga dapat membuat kulit pecah-pecah. Anda mungkin ingin beralih ke pembersih yang lebih melembapkan untuk melengkapi pelembab harian Anda.

Sebaliknya, di musim panas, kulit Anda mungkin lebih berminyak dan Anda bisa beralih ke pembersih bebas minyak.

Tabir surya adalah bahan pokok untuk semua musim, tetapi wajar saja jika menyesuaikan dengan bobot yang lebih ringan untuk penggunaan sehari-hari di bulan-bulan musim panas – pastikan untuk mengeluarkan bahan-bahan berat untuk setiap waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari.

Selain itu, ingatlah Anda tidak perlu menunggu daun berguguran atau salju mencair untuk mengganti rutinitas perawatan kulit Anda. Jika kulit Anda berubah – karena lingkungan, hormon, atau hal lain – sangat wajar untuk menyesuaikan rutinitas Anda. Seorang dokter kulit adalah sumber yang bagus jika Anda kesulitan menangani perawatan kulit Anda. Mereka dapat membantu menyarankan produk toko obat, meresepkan bantuan yang lebih serius, dan memberikan saran gaya hidup untuk membantu mengatasi faktor lain yang mungkin memengaruhi kulit Anda.

Kesimpulan

Kita harus memahami bahwa perawatan kulit adalah rutinitas untuk menjaga kesehatan kulit tubuh dan wajah. Pola perawatan kulit badan dan wajah berbeda. Gunakan produk skincare sesuai dengan kebutuhan area kulit dan cuaca.***(arya)