Penerapan pola hidup sehat secara sederhana

Pola hidup sehat adalah penerapan pola hidup yang baik dan berorientasi pada kesehatan. Cara menerapkannya bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya, sesuai kondisi tubuh, usia, jenis kelamin, dan sebagainya. Bagaimanapun, hidup yang sehat merupakan hal yang penting dan perlu dibiasakan sejak dini.

Mengapa penerapan pola hidup sehat itu penting?

Kesehatan merupakan faktor penting yang menunjang kelancaran aktivitas sehari-hari. Sering sakit tentu bukan pilihan terutama bagi yang memiliki banyak urusan dan kesibukan. Karena itu, penerapan hidup sehat menjadi sesuatu yang harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat menjalankan pola hidup yang sehat di antaranya adalah tidak mudah terserang penyakit, terbiasa hidup teratur, serta terjaganya kebugaran. Keadaan ini pun akan berdampak baik tidak hanya dari segi jasmani, tetapi juga rohani. Secara luas dan jangka panjang, kebiasaan hidup sehat juga akan memberi pengaruh terhadap lingkungan sekitar.

Cara sederhana untuk menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup yang sehat tidak harus dijalankan dengan aturan yang ketat dan berat. Langkah-langkah sederhana pun bisa dilakukan asal konsisten menjalankannya. Berikut beberapa hal yang bisa dibiasakan untuk membentuk pola hidup yang sehat.

1. Makan teratur dengan gizi seimbang

Proses metabolisme tubuh harus didukung dengan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang. Kelengkapan gizi sangat penting karena berkaitan dengan produksi energi. Kekurangan atau kelebihan suatu zat tertentu bisa berakibat terjadinya gangguan kesehatan dalam tubuh.

Selain kandungan gizinya, pola makan yang teratur juga turut memberikan pengaruh. Sarapan merupakan kegiatan makan yang seringkali terabaikan. Padahal sarapan cukup penting sebagai pengisian energi kembali setelah perut kosong pada saat tidur.

Begitu juga dengan makan siang yang menjadi sumber energi saat kebutuhan sedang tinggi. Terlambat makan siang atau bahkan tidak sama sekali bisa membuat tubuh lemas dan lambat berpikir. Parahnya, terkadang hal tersebut justru diatasi dengan ngemil makanan yang kurang sehat.

2. Istirahat yang cukup

Kelelahan karena kerja berlebihan juga merupakan tanda pola hidup yang tidak sehat. Akibat dari kebiasaan tersebut mungkin tidak akan langsung terasa. Namun, dalam jangka panjang akan tampak gejala-gejala tidak sehat seiring pertambahan usia.

Karena itu, usahakan untuk tidak memaksa tubuh melakukan pekerjaan melebihi kapasitas. Bila terasa tanda-tanda kelelahan seperti sering menguap dan sulit berkonsentrasi, maka ambillah waktu untuk istirahat sejenak. Istirahat yang cukup dan berkualitas penting untuk membantu memulihkan energi. sehingga bisa produktif kembali.

3. Melakukan kegiatan fisik ringan

Kegiatan fisik tidak berarti harus berolahraga dengan peralatan canggih atau mengikuti senam yang terjadwal. Banyak kegiatan sederhana yang tidak disadari memberi dampak baik. Misalnya dengan membiasakan naik tangga, berjalan kaki jarak dekat, hingga melakukan pekerjaan rumah.

Jika memang sibuk dan dituntut untuk selalu cepat, maka coba biasakan melakukan peregangan dan pemanasan ringan di sela-sela kegiatan. Kemudian luangkan waktu satu atau dua kali seminggu untuk jogging, berkebun, atau membuat prakarya.

4. Jaga kesehatan mental

Tidak hanya fisik, kesehatan mental pun perlu dijaga. Cara paling sederhana adalah dengan pengelolaan stres yang baik. Kenali gejala-gejala kemungkinan stres seperti mudah marah, terjadinya mood swing, serta keinginan mencari pelampiasan. Jika sudah begitu, ada baiknya mengambil jeda sejenak dari aktivitas yang sedang dilakukan.

Tarik napas dalam dan pelan, lalu hembuskan. Lakukan beberapa kali hingga perasaan sedikit lebih tenang. Memandangi tanaman segar serta mengelus kucing juga merupakan cara sederhana mengurangi stres. Jika ada unek-unek, carilah teman yang dapat dipercaya untuk diajak bicara.

Menjalani pola hidup yang sehat tidak selalu berarti kaku dan menghindari hal-hal yang menyenangkan. Cara-cara sederhana di atas jika dibiasakan justru tidak akan terasa berat. Tujuan dari pentingnya pola hidup sehat pun dapat dicapai dengan cara yang menyenangkan.***(olga)