Mengenal beragam bentuk dan fungsi sabun mandi

Di pasaran ada beragam bentuk sabun mandi: batangan, cair, gel dan sabun mati antiseptik. Yang membedaannya tidak hanya bentuk lho, juga fungsinya. Selain itu keempat jenis sabun ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tulisan ini mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan kapan waktunya memakai sabun mandi batangan, cair, gel atau sabun mandi antiseptik.

Sabun batang
Berbentuk batangan persegi empat dengan ukuran kurang lebih satu genggaman tangan. Karena bentuknya padatan sabun jenis ini lebih awet dan ekonomis dalam penggunaannya karena tidak cepat habis. harganya pun jauh lebih murah dibanding sabun mandi jenis lain.

Sabun batangan terbuat dari senyawa lemak netral yang dipadatkan melalui proses hidrogenesi. Sabun bentuk ini lebih awet dan wanginya tahan lama. Namun dinilai kurang higienis dan berpotensi menjadi sarang bakteri. Padahal dengan penyimpana yang tepat dan dengan penambahan zat antiseptik, potensi menjadi sarang bakteri dapat dihindari.

Sabun transparan
Sabun ini bentuknya seperti sabun batangan namun berwarna transparan. Yang menentukan transparansi sabun salah satunya adalah humektan yang bersifat hidroskopis. Pembentuk transparan lainnya adalah gliserin dan sukrosa. Kelebihan sabun ini mampu membunuh kuman penyakit pada kulit karena mengandung bahan yang dapat membunuh kuman namun aman untuk kesehatan kulit.

Sabun cair
Sabun yang kini popular walaupun harganya lebih mahal dibanding sabun batangan karena dinilai praktis, higienis dan bisa dibawa ke mana-mana dengan aman karena kemasannya berbentuk botol.

Sabun jenis ini dibuat dengan minyak kelapa jernih dengan penggunaan senyawa alkali berbeda yaitu kalium hidroksida. Karena bentuknya cair, sabun jenis ini lebih boros saat digunakan. Harganya pun lebih mahal dibanding sabun batangan.

Sabun gel atau shower
Sabun gel atau shower berbentuk gel, cair tapi lebih kental. Sabun jenis ini cocok digunakan untuk kegiatan mandi dengan cara berendam di bathtube. Dengan busa yang lebih melimpah, beberapa ditambahkan aroma terapi agar saat momen berendam bisa dinikmati dengan rileks.

Terdiri dari kandungan emulsi berupa cocamide DEA, lauramide DEA, linoleamide DEA dan oleamide DEA yang berfungsi sebagai substansi pengental untuk mendapatkan tekstur gel.

Sabun antiseptik
Sabun mandi antiseptik adalah sabun yang sudah dilengkapi antiseptik atau anti bakteri, seperti senyawa triclosan, trilocarbon/trihlorocarbamide yang berfungsi membunuh bakteri atau mikroba jahat yang suka menempel pada kulit.

Sabun ini sangat direkomendasikan untuk orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan (out door) dimana kulit banyak terpapar bakteri dari debu dan polusi. Sabun antiseptik juga sangat dianjurkan untuk yang memiliki masalah dengan kulit seperti gatal atau memiliki penyakit kulit.

Apapun pilihan jenis sabun mandi kamu, pastikan kandungannya sesuai dengan jenis kulit kamu agar kulit sehat dan segar.***(rina)