Memilih kolagen yang tepat untuk keperluan tubuh

Kolagen saat ini memang telah mendapat tempat di hati orang-orang. Minuman yang satu cukup terkenal dengan segudang manfaatnya bagi keperluan tubuh seperti untuk mengatasi masalah pada persendian tubuh hingga permasalahan pada permukaan kulit. Tentunya dengan banyaknya serta terkenalnya merk yang satu ini memang akan sedikit kesulitan dalam memilih produk yang tepat untuk kebutuhan diri.

Menjawab berbagai kebimbangan tersebut maka harus benar-benar melihat komposisi yang tepat dari produk tersebut. Karena jika salah dalam memilih produk maka akan sangat berbahaya nantinya. Memang dengan banyaknya merk merknya sekarang pasti akan sangat kesulitan untuk mengambil keputusan. Maka dari itu berikut disediakan beberapa tips dalam memilih yang baik.

Cara memilih produk kolagen terbaik

Memilih satu diantara berbagai produk yang tersedia memang menjadi salah satu hal yang cukup repot. Dalam memilih minuman kolagen yang baik, maka diperlukan beberapa langkah agar dapat memilih produk minuman collagen terbaik yang berguna bagi tubuh.

1. Memilih jenis kolagen yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh

Kolagen memiliki dua fungsi kegunaan, yaitu produk untuk mengatasi tubuh dengan permasalahan sendi, dan produk untuk merawat kecantikan alami tubuh. Setelah mengetahui kegunaannya maka haruslah memilih kolagen dengan fungsi yang tepat.

Dua jenis kolagen adalah yang pertama tipe 1. Untuk tipe yang satu ini kandungan kolagennya sangat cocok untuk merawat kecantikan. Nah, jika ingin memaksimalkan kecantikan tubuh, maka produk yang satu ini menjadi pilihan yang tepat.

Kemudian ada kolagen tipe 2. Untuk jenis yang satu ini, berada pada pada persendian serta tulang rawan. Nah, tentu saja tipe yang satu ini sangatlah cocok dalam kegunaan merawat persendian tulang. Jenis yang satu ini juga sangat tepat dalam mengatasi artritis pada persendian tulang. Untuk jenis yang satu ini memang produknya sangat jarang ada dipasaran.

2.  Memilih kolagen dengan jumlah molekul yang rendah

Kolagen nantinya memang akan diserap oleh tubuh, sehingga disarankan untuk memilih kolagen dengan kadar molekul yang rendah. Salah satunya adalah dengan menggunakan peptide collagen, dengan berat molekulnya yang bersifat rendah, maka nantinya tubuh akan lebih gampang dalam melakukan absorbsi.

Produk kolagen sebenarnya berasal dari hewan darat maupun laut. Namun keduanya tidak bisa menjadi acuan bahwa salah satunya lebih baik. Itu semua tergantung dari bagaimana proses pengolahannya, bisa saja kolagen dari hewan darat memiliki molekul yang jauh lebih ringan daripada ikan sehingga proses absorbsinya mudah diserap oleh tubuh. Penggunaan kolagen ikan hanya memastikan bahwa sumbernya diambil dari hewan yang halal.

3. Memeriksa bahan baku

Proses bagaimana cepat tidaknya kolagen diserap semuanya tergantung pada bagaimana bahan baku yang menyertainya. Setidaknya ada dua macam tipe bahan baku dalam pembuatan kolagen: Grass fed collagen, jenis yang satu ini asalnya dari hewan-hewan darat seperti sapi, ayam dan lain-lain. Untuk harganya  biasanya relatif lebih terjangkau.

Kemudian yang kedua ada fish collagen. Jenis yang satu ini sesuai dengan namanya memang berasal dari hewan laut seperti ikan, ubur-ubur, dan lain sebagainya. Namun jika memilih produk kolagen untuk kecantikan, maka fish collagen dengan bahan baku ikanlah yang menjadi pilihan yang tepat.

4. Memeriksa kandungan zat besi dalam kolagen

Kolagen terbentuk dengan adanya vitamin C serta zat besi. Dengan jumlah yang seimbang dan proporsional maka keduanya bisa diminum bersamaan. Untuk itu maka sebelum membeli atau memilih produk kollagen, periksa terlebih dahulu kandungan zat besinya, telah sesuai atau tidak dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh guna keperluan absorbsi tubuh.

Kolagen memang menjadi salah satu media dalam perawatan kecantikan serta mengatasi permasalahan sendi pada tulang rawan. Dengan memilih bahan dan jenis yang tepat maka hasilnya akan lebih maksimal dan lebih terlihat. Banyaknya produk yang beredar memang menjadi kendala, namun setelah membaca ulasan di atas, pasti akan lebih maksimal dalam memilih kolagen yang tepat bagi keperluan tubuh.***(olga)