Manfaat VCO untuk kulit

Tak hanya dikenal untuk memasak, minyak kelapa, terutama virgin coconut oil (VCO) juga bisa digunakan untuk perawatan kulit atau rambut. VCO yang didapatkan dari penyulingan kelapa mentah, kaya akan lemak jenuh dan asam lemak rantai menengah, terutama asam laurat.

Menurut ahli nutrisi Rachael Link, M.S, R.D, VCO memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia sebagai berikut.

Anti-mikroba

Asam lemak rantai menengah dalam VCO memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi Anda dari mikroorganisme berbahaya. Ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena banyak jenis infeksi kulit, termasuk jerawat, selulit, dan sejenisnya disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Meredakan Peradangan Kulit

VCO bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan status antioksidan. Antioksidan bekerja dengan menstabilkan radikal bebas dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang mencetus peradangan, seperti eksim, psoriasis dan dermatitis. 

Mengobati Jerawat

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari minyak kelapa dan komponennya dapat membantu mengobati jerawat.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa asam laurat, yang menyumbang hampir setengah dari asam lemak dalam VCO, telah terbukti membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Melembabkan Kulit dan Menyembuhkan Luka 

VCO dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Sehingga, dapat membantu menjaga fungsinya sebagai lapisan penghalang untuk mencegah kerusakan kulit oleh bakteri. Dengan demikian dapat mempercepat penyembuhan bekas luka dan menjaga integritas kulit secara keseluruhan. 

VCO Tidak Cocok untuk Siapa? 

Tidak semua orang dapat menggunakan VCO secara langsung pada kulit. Misalnya, bagi pemiliki kulit berminyak. VCO dapat memblokir pori-pori dan menyebabkan komedo.

Selain itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan sedikit terlebih dahulu atau coba oleskan hanya pada sebagian kecil kulit untuk memastikan tidak menyebabkan iritasi atau pori-pori tersumbat.

Namun, penggunaan VCO sebagai bahan beberapa sabun kecantikan dan kesehatan tidak menciptakan penyumbatan pori-pori. Ini disebabkan komposisi VCO diseimbangkan dengan bahan aktif lain yang membantu merawat kulit Anda.

Kesimpulan

Asam lemak yang ditemukan dalam VCO memiliki sifat antimikroba yang secara efektif membunuh bakteri dan jamur.

VCO juga dapat meredakan peradangan, melembabkan kulit dan mengobati luka. Cocok untuk penyembuhan luka gores, jerawat, psoriasis, dan dermatitis.

Bagi pemilik kulit berminyak dan sensitif dapat mendapatkan manfaat dari VCO tanpa khawatir penyumbatan pori-pori, melalui sabun kesehatan dan kecantikan yang mengandung bahan aktif lain.***(arya)