Manfaat kolagen itu apa ya…

Kolagen merupakan protein terbanyak yang terkandung dalam tubuh. Beberapa fungsi pentingnya adalah menjaga struktur pada kulit dan membantu proses pembekuan darah. Akhir-akhir ini, kolagen menjadi sangat populer sebagai suplemen nutrisi dan bahan perawatan rambut juga kulit. Tapi apa itu kolagen? Apa gunanya? Bagaimana  menjaganya? Yuk kita simak penjelasan berikut.

KOLAGEN dan GUNANYA 

Sesuai dengan akar katanya, kolagen dalam bahasa Yunani adalah “kolla” berarti lem. Seperti semen dan bata pada rumah, kolagen bersifat sebagai rangkaian lem pembangunan pada hampir semua bagian tubuh kita. Dengan demikian, kolagen menjadi protein utama dari struktur pada tubuh, termasuk tulang, kulit, tendon, dan ligamen. 

Ada empat jenis utama kolagen pada tubuh kita, yakni:

  1. Jenis pertama, merupakan 90% dari kolagen tubuh dan terbuat dari serat yang padat. Terdapat pada kulit, tulang, tendon, tulang rawan berserat, jaringan ikat, dan gigi.
  2. Jenis kedua terbuat dari serat yang lebih longgar dan ditemukan pada tulang rawan elastis sebagai bantalan sendi.
  3. Jenis ketiga mendukung struktur otot, organ, dan arteri.
  4. Jenis keempat membantu penyaringan dan ditemukan di lapisan kulit.

 

MENJAGA KOLAGEN 

Seiring bertambahnya usia dan pola hidup yang kurang sehat, tubuh Anda menghasilkan kolagen yang lebih sedikit dan kualitasnya ikut menurun. Salah satu tanda yang terlihat adalah kulit Anda menjadi kurang kencang dan kenyal, bahkan menjadi keriput. Begitu juga dengan tulang rawan ikut melemah, sendi pun berkurang kinerjanya.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga dan melindungi kolagen sejak dini. Caranya adalah dengan menghindari perilaku yang merusaknya seperti, mengkonsumsi gula secara berlebihan, merokok, dan terkena sinar matahari langsung terus-menerus.

Anda juga dapat mengkonsumsi empat nutrisi yang membantu memproduksi kolagen yakni; vitamin C, prolin, glisin, dan tembaga. Memakan protein berkualitas tinggi juga memberi tubuh Anda asam amino untuk kebutuhan kolagen. Kolagen tambahan juga terdapat dalam produk hewani seperti kaldu tulang, gelatin, kulit ayam, dan ikan.

Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap kolagen dari konsumsi langsung sumber kolagen di atas, usah khawatir. Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi suplemen kolagen untuk kesehatan tubuh  (organ dalam dan tulang), atau sampo, sabun serta lotion berkolagen untuk perawatan rambut dan kulit.

KESIMPULAN

Kolagen adalah protein penting untuk membangun struktur tubuh. Organ dalam, tulang dan kulit Anda sangat membutuhkan kolagen. Agar terus terjaga, Anda harus menghindari pola hidup tidak sehat seperti terlalu banyak makan gula, merokok dan terbakar matahari. Konsumsilah makanan yang mengandung kolagen dan asam amino atau suplemen berkolagen untuk mengatasi kekurangannya. Atau, jika Anda alergi terhadap makanan tersebut, gunakan sampo, sabun atau lotion berkolagen untuk perawatan rambut juga kulit.***(arya)