Manfaat dan cara penggunaan madu pada perawatan kulit

Tak hanya bermanfaat sebagai obat dan pemanis makanan atau minuman, ternyata madu juga berguna untuk kesehatan kulit. Produk kesehatan kulit berbahan madu yang tersedia di pasaran dapat berupa pelembab bibir, sabun jerawat, lotion dan ragam lainnya.
Bermacam penelitian mendukung penggunaan madu sebagai obat untuk permasalahan kulit. Berikut manfaat madu, serta cara penggunaan dan dampaknya terhadap kulit. 

MANFAAT 

Madu dapat mengobati permasalahan kulit seperti jerawat dan kulit kering gatal bersisik (psoriasis). Perawatan kulit dengan bahan madu sudah dikenal sejak zaman dahulu. Namun, beberapa bukti klinis tentang manfaat menerapkan madu pada kulit masih tergolong baru, diantaranya:

Membantu penyembuhan luka

Khasiat madu yang paling populer pertama adalah dapat melawan infeksi kulit. Menurut berbagai penelitian, hal tersebut dikarenakan madu memiliki sifat antimikroba.

Khususnya madu Manuka dari Selandia Baru, dapat membantu menyembuhkan luka seperti lecet dan luka bakar ringan. Metode penyembuhan luka dengan madu ini telah diterapkan di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Australia.

Sebagai anti-inflamasi

Dengan sifat anti-inflamasi, madu dapat membantu pengobatan kulit seperti jerawat atau psoriasis. Pada tahun 2017, peneliti menemukan bahwa madu mentah dari lebah penyengat memiliki efek anti-inflamasi yang kuat.

Madu mentah mengandung serbuk sari dan propolis lebah. Menurut sebuah penelitian di tahun 2015, pollen lebah memiliki beberapa sifat yang membantu. Misalnya, ia dapat memiliki efek menghilangkan rasa sakit, anti-inflamasi, dan antibakteri.

Anti-penuaan dini

Menurut peneliti, madu mentah yang kaya antioksidan dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Hal ini berupa penghilang keriput, membuat kulit kenyal awet muda, dan menjaga kulit dari infeksi  yang mempercepat penuaan.

Oleh karena itu, tidak disarankan menggunakan madu yang mengalami pasteurisasi untuk perawatan kulit. Proses itu menghilangkan serbuk sari dan propolis dari madu. Ini dapat mengurangi efek antioksidannya. Akhirnya, madu olahan harus ditambah zat aditif seperti pengawet, gula atau sirup.

Pengobatan kanker kulit

Madu terbukti dapat membantu mengobati kanker kulit dan kanker lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan hasil positif saat menggunakan madu pada sel kanker.

Dalam ulasan tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa propolis lebah mungkin memiliki efek antikanker dan antijamur. Fokus mereka pada kemampuan madu untuk membantu memperlambat pertumbuhan dan reproduksi sel kanker dalam tubuh. Dengan demikian, madu dapat membantu pengobatan kanker.

Tentu saja seseorang harus berkonsultasi dengan dokter jika menderita kanker kulit. Hanya dokter yang dapat mendiagnosis kondisinya. Dokter juga dapat membantu membuat rencana perawatan yang efektif.

Kita tidak boleh mencoba mengobati kanker kulit hanya dengan madu. Karena, ini bukan pengobatan kondisi kesehatan biasa, perlu penanganan dan diagnosa medis secara profesional.

CARA PENGGUNAAN 

Sebelum Anda menggunakan madu pada permukaan kulit, penting untuk melakukan tes tempel terlebih dahulu. Anda harus mengoleskan sedikit madu ke area kecil kulit dan tunggu sampai sekitar 20 menit. Apabila terjadi iritasi, bersihkan segera madu tersebut. Ini artinya, Anda tidak boleh menggunakan madu secara langsung untuk perawatan kulit, tetapi dapat berupa sabun yang hanya digunakan sekali bilas.

Namun, jika baik-baik saja, Anda dapat  mencampurkan madu dengan bahan lain untuk membuat krim atau salep. Atau, Anda dapat mengoleskan madu langsung ke area kulit yang ingin diobati, seperti di bagian yang berjerawat.

Perawatan ini dilakukan setelah Anda membersihkan kulit dengan sabun dan air. Dia kan madu pada kulit selama 5 sampai 10 menit, kemudian Anda dapat  membilasnya. Perlu diperhatikan, terlalu lama menggunakan madu pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi merah terbakar.

KESIMPULAN 

Madu memiliki beberapa kegunaan potensial pada kulit, termasuk: mengangkat sel kulit mati, membantu pengobatan eksim, efek pelembab, membantu penyembuhan luka kecil atau lecet, membantu kulit terlihat lebih awet muda, dan antikanker.

Madu dapat digunakan sebagai bahan perawatan kulit secara langsung pada wajah atau permukaan yang luka. Namun perlu diperhatikan lama penggunaan dan kondisi kulit Anda. Jika kulit Anda alergi langsung terhadap madu, sabun perawatan berbahan madu dapat menjadi solusi.***(arya)