Madu: Fakta menarik dan manfaat yang dihasilkan

Madu merupakan zat alami yang sudah dikenal berabad-abad lamanya dan digunakan serta dikonsumsi manusia. Beberapa fakta menarik tentang zat alami ini sangat banyak dan manusia menggunakannya untuk berbagai macam keperluan. Cerita tentang zat alami ini bahkan ditemukan pada gua Afrika dan Spanyol pada abad 7000 sebelum masehi.

Terdapat gambar orang yang sedang mengumpulkan madu melalui celah batu dan batang pohon dan gambar lebah-lebah yang sedang mengitarinya. Inilah beberapa keunikan dari zat alami dan menyajikan fakta yang menarik untuk diketahui.

1. Merupakan bahan alami

Bahan alami yang berasal dari nektar bunga, dimana nektar tersebut akan diambil sebagai makanan lebah. Yang kemudian lebah akan memproduksi sarang hingga akhirnya terkandung zat alami di sarang lebah tersebut. Dengan proses yang dihasilkan, tentu sangat alamiah dan begitu unik.

Bahan alam yang ada sejak 7000 tahun sebelum masehi yang bahkan digunakan setelah tahun-tahun berikutnya. Bahan alami ini digunakan oleh berbagai orang dengan bermacam-macam kepentingan. Bahkan di tahun 3000 masehi sudah menjadi alat tukar yang bernilai mahal pada masanya.

2. Digunakan untuk perawatan kulit

Berbicara tentang zat alami yang mulai dipakai oleh bangsa Mesir, maka Cleopatra adalah ratu yang memanfaatkan pemanis alami produk lebah ini. Yang digunakan sebagai perawatan kulit wajah sejak zaman dahulu. Terbukti bahwa kandungannya yaitu sebagai antioksidan sebagai penangkal alami kulit dari penuaan dini.

Sebagian besar kosmetik yang ada saat ini menggabungkan zat tersebut sebagai salah satu bahan yang ada didalamnya. Selanjutnya memberikan efek yang baik bagi kulit, sehingga wajah akan terlihat segar dan awet muda. Selain itu bisa digunakan sebagai bahan masker untuk mencegah dan mengurangi jerawat yang muncul pada wajah.

3. Dikonsumsi untuk kesehatan

Mengutamakan kesehatan adalah hal penting yang dilakukan setiap orang, salah satunya dengan mengkonsumsinya. Salah satu fakta menarik madu dipercaya menyehatkan tubuh. Kandungan karbohidrat, gula, vitamin dan sebagainya. Dipercaya menambah stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi secara rutin.

Kandungan dari zat alami ini tidak memiliki kadar lemak, maka dari itu bisa digunakan untuk memberikan kontrol pada berat badan. Serta disarankan untuk konsumsi diet pengganti gula. Karena pemanis yang terkandung di dalamnya memiliki kadar yang lebih baik dari gula dan cepat diserap oleh tubuh.

4. Memiliki rasa yang berbeda-beda dan tidak pernah basi

Setiap zat alami yang dihasilkan kemudian diolah memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Hal ini dikarenakan sumber nektar bunga yang berbagai macam dan pengaruh dari beberapa jenis lebah yang menghasilkan sarang. Sementara itu warnanya pun yang dihasilkan juga dipengaruhi oleh jenis bunga yang dihisap nektarnya oleh lebah.

Sementara itu zat alami ini tidak memiliki masa untuk kadaluarsa, yang artinya pula madu tidak pernah basi. Inilah kelebihan dari zat alami yang sangat berkualitas dan berkhasiat serta kaya manfaat. Dengan catatan harus asli dan langsung dari alam yang sedang digunakan, bukan yang sudah diolah kembali.

5. Sebagai bahan pengganti gula

Daripada menggunakan gula, maka orang-orang beralih menggunakan madu. Pemanfaatannya untuk bahan campuran makanan dan minuman justru lebih disukai saat ini. Karena lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi serta rasanya yang unik dan manis. Dalam kandungan zat alami terdapat zat yaitu sukrosa, maltosa, fruktosa, glukosa, mineral, vitamin dan karbohidrat.

Kandungan yang ada, seperti fruktosa serta glukosa rendah dari kandungan gula, maka dipilih untuk pemanis. Selian itu kelezatanlah zat alami ini dan tekstur yang memberikan warna tersendiri bagi hidangan seperti kue, cake dan olahan lainnya.

Dengan beberapa fakta menarik tentang zat alami ini dan berbagai manfaat yang dihasilkan. Maka banyak orang yang gemar mengkonsumsinya. Tidak hanya dikonsumsi namun dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik, bahan obat dan perawatan. Sehingga memiliki nilai yang istimewa, asli, alami serta tidak tergantikan oleh zat apapun.***(olga)