Kolagen berkurang 1,5% dari tubuh kita setiap tahun. Sudah tahu?


PENYEBAB BERKURANGNYA  KOLAGEN DALAM TUBUH DAN CARA MENGATASINYA

Tahukan Anda, bahwa sejak lahir manusia sudah membawa kolagennya sendiri?

Dan tahukah Anda, bahwa saat kita menginjak usia 25 tahun kolagen akan berkurang dari tubuh kita sebanyak 1,5% per tahun?

Faktanya, disaat kita berusia 40 tahun, tubuh kita sudah tidak bisa memproduksi kolagen secara alami. Untuk itu, sangat diperlukan asupan kolagen dan perawatan dari luar.

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kata kolagen sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat/melekat). (wikipedia)

Menurut Ayu Ashari, beauty consultant SEBU, ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan kolagen berkurang bahkan saat masih berusia 17 tahun. Hal ini bisa kita lihat di sekeliling kita, banyak sekali orang yang berusia diatas 17 tahun sudah mempunyai berbagai macam masalah kulit di wajahnya. Seperti jerawat yang berlebihan, scar atau bopeng bekas jerawat, penuaan dini akibat sinar UV dan lain-lain. Untuk itu, kita harus menjaga dan merawat kulit kita dengan baik.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan berkurangnya kolagen dalam tubuh adalah sebagai berikut:
1. Pertambahan usia
2. Kehidupan yang sudah tidak normal.
3. Radikal bebas (polusi kendaraan atau pabrik)
4. Makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji.
5. Radiasi handphone (paparan sinar biru)
6. Gelombang wi-fi
7. Gaya hidup tidak sehat (merokok dll)

Saat usia kita menginjak 40 tahun, kita wajib untuk menambah asupan kolagen. Bahkan mulai usia 25 tahun kita sudah harus lebih memperhatikan asupan kolagen.

Kenapa? Karena penurunan kolagen sebesar 1,5% setiap tahun itu terjadi pada kehidupan yang normal. Sedangkan kita sekarang berada pada kehidupan yang tidak normal dengan adanya berbagai radiasi. Sehingga penurunan kolagen bisa lebih tinggi bahkan lebih cepat. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa gejala berkurangnya kolagen seperti, wajah menjadi kusam, tidak kenyal bahkan berkerut pada usia yang relarif masih muda.

Untuk mengatasi semua permasalahan kulit ini, kita perlu melakukan beberapa hal untuk menjaga kulit tetap sehat dan asupan kolagen untuk kulit kita tetap ada. Di antaranya:
1. Mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti jeruk, buah bery, kacang mete, tomat dan lain-lain.
2. Menjaga pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan pola makan yang baik dan sehat.
3. Konsumsi vitamin atau suplement yang mengandung kolagen.
4. Rajin merawat dan mencuci kulit wajah secara teratur dan benar.

Untuk jenis sabunnya, Anda bisa menggunakan sabun berbahan kolagen. Tapi, Anda juga harus berhati-hati saat memilih sabun wajah yang mengandung kolagen, karena banyak sekali produsen sabun yang menambahkan kolagen babi pada produknya.

Sabun wajah yang mengandung fish collagen sangat baik untuk kulit. Karena fish collagen ini kualitas terbaik Grade A. Kulit membutuhkan kolagen hampir 70% dan fish collagen ini merupakan bahan yang tepat untuk kulit.

Dengan penggunaan sabun wajah yang tepat, dan asupan gizi serta perawatan tubuh yang baik, maka kita bisa menjaga keseimbangan kolagen pada tubuh kita. terutama untuk perawatan kulit wajah agar terhindar dari berbagai masalah kulit. Serta pengurangan kadar kolagen dalam tubuh bisa diatasi. Jaga dan rawatlah kulit anda sejak dini agar kecantikan anda tidak cepat memudar.***(arya)