Kapan skincare digunakan?

Kapan Anda harus menggunakan skincare?

Ada perbedaan teknik perawatan untuk kulit badan dan wajah. Kulit badan relatif sama perawatannya di pagi dan malam hari, kecuali Anda dalam keadaan perlu pengobatan akibat penyakit kulit secara klinis.

Kulit wajah perlu perlakuan yang lebih istimewa: di pagi hari perawatan wajah harus fokus pada pencegahan dan perlindungan untuk siang hari, sedangkan malam hari Anda harus fokus pada pembersihan.

Sebagian besar orang hanya perlu mencuci muka sekali sehari yaitu di malam hari, karena bagi mereka di pagi hari cukup membilas wajah dengan air hangat sebelum menggunakan pelembab dan tabir surya.

Sementara di malam hari, setelah seharian penuh terpapar udara berpolusi dan keringat, disaranakan melakukan perawatan yang lebih khusus. Oleh karena itu, Anda harus mencuci muka sebelum tidur dengan pembersih untuk menghilangkan kotoran dan riasan kemudian–jika mau–menggunakan toner, exfoliant dan serum. Yang pasti, selalu akhiri dengan pelembab.

Sekalipun Anda sedang berlibur atau beraktivitas di rumah, pastikan Anda mencuci wajah yang telah berkeringat atau terkena debu. Karena, keringat dan debu dapat menyumbat pori-pori yang memperburuk kulit wajah yang mudah berjerawat (acneprone). Kunci utama dan pertama adalah bersihkan wajah Anda dari makeup sebelum tidur dan jangan iseng menyentuh-nyentuh kulit wajah Anda, apalagi saat berjerawat.

Skincare sesuai cuaca

Perubahan musim dapat membawa perubahan pada perawatan kulit Anda dan mungkin produk yang Anda gunakan. Tetapi, Anda tidak memerlukan perombakan besar-besaran pada rutinitas perawatan kulit.

Pada cuaca dingin musim penghujan, Anda hanya membutuhkan pelembab ekstra. Cuaca dingin berkontribusi pada kekeringan (seperti halnya panas dari radiator) dan angin juga dapat membuat kulit pecah-pecah. Anda juga mungkin ingin beralih ke pembersih yang lebih melembabkan untuk melengkapi pelembab harian Anda.

Sebaliknya, di musim kemarau, kulit Anda mungkin lebih berminyak dan Anda bisa beralih ke pembersih bebas minyak penyumbat pori. Tabir surya adalah bahan pokok untuk semua musim, tetapi wajar saja jika menyesuaikan dengan bobot yang lebih ringan untuk penggunaan sehari-hari di bulan-bulan musim panas.

Selain itu, ingatlah Anda tidak perlu menunggu daun berguguran atau hujan deras untuk mengganti rutinitas perawatan kulit Anda. Jika kulit Anda berubah – karena lingkungan, hormon, atau hal lain – sangat wajar untuk menyesuaikan rutinitas Anda, sesuai kebutuhan.

Mintalah bantuan dokter kulit, jika Anda kesulitan menangani perawatan kulit Anda. Mereka dapat membantu menyarankan produk yang dijual bebas, meresepkan obat atau produk racikan apoteker sebagai bantuan yang lebih serius, dan memberikan saran gaya hidup untuk membantu mengatasi faktor lain yang mungkin memengaruhi kulit Anda.

Menyesuaikan usia

Perawatan kulit yang baik sangat penting di usia berapa pun. Kebiasaan sehat di usia 20-an dan 30-an dapat memperkuat dan mempersiapkan kulit Anda untuk menghadapi efek penuaan di masa mendatang.

Kulit memiliki kolagen yang kuat dan produksi elastis di usia 20-an dan 30-an. Pola hidup sehat seperti, diet dan berpikir positif sangat memengaruhi kondisi kolagen Anda sejak dini. Konsisten menggunakan pembersih dan pelembab mengandung SPF juga sangat membantu.

Beberapa ahli kulit mungkin merekomendasikan produk retinol yang dijual bebas atau serum antioksidan sebagai tindakan pencegahan untuk merangsang produksi kolagen. Meskipun Anda mungkin mengasosiasikan kolagen dengan menjaga kulit tampak kenyal, kolagen juga memberi kekuatan dan struktur pada kulit dan berperan dalam penggantian sel kulit mati.

Saat wanita memasuki masa sebelum menopause (perimenopause) dan menopause, hormon mereka berubah dan bentuk alami penuaan mulai muncul. Serum dan krim yang mendukung produksi kolagen dapat ditambahkan ke daftar perawatan kulit mereka. Pembersih yang lembut dan pelembab yang kuat juga penting untuk digunakan.

Kesimpulan

Banyak faktor yang dapat memengaruhi kulit Anda. Sebagai organ terbesar, kulit merupakan garis pertahanan kesehatan pertama kali dan layak dilindungi. Saat mempertimbangkan perawatan kulit, Anda pasti ingin menyadari lingkungan dan kesehatan harian Anda, seperti diet, stres, dan kebugaran. Namun, pada akhirnya, rutinitas perawatan kulit yang melibatkan pembersih dan pelembab bisa sangat membantu.***(arya)