Gatal di selangkangan, ketiak, dan payudara? Ini solusinya!

Gatal di lipatan kulit seperti selangkangan, di balik lutut, dan di bawah payudara tentu akan sangat mengganggu. Beberapa bagian tersebut agak tabu jika dibicarakan dengan orang lain, biasanya seseorang jadi sungkan atau malu untuk mengkonsultasikannya kepada dokter. Jika ini terjadi pada Anda, berikut informasi seputar penyebab, gejala, dan cara mengobati gatal di lipatan kulit.

Penyebab

Gatal pada lipatan kulit merupakan keadaan iritasi kulit atau ruam (dermatitis) yang disebut intertrigo. Hal ini terjadi akibat gesekan, suhu panas dan kelembaban lalu mencetus iritasi kulit.

Orang yang berisiko intertrigo biasanya mengalami obesitas, tinggal di daerah panas atau lembab.

Gejala

Orang dengan intertrigo biasanya mengeluhkan gejala kemerahan, rasa terbakar, dan gatal di lipatan kulit. Daerah yang paling sering terjangkit yakni di selangkangan, di bawah payudara, di balik lutut, dan di ketiak.

Kadang-kadang dermatitis intertriginosa yang berlangsung lama dapat menghasilkan bau tidak sedap.

Penyebab

Dermatitis intertriginosa dapat disebabkan infeksi kulit yang tergesek ditumbuhi bakteri dan jamur. Erupsi pada lipatan kulit dapat terjadi pada sejumlah kondisi dermatologis lain selain intertrigo.

Pencegahan dan pengobatan

Intertrigo dapat dicegah dengan menurunkan berat badan dan menggunakan sabun antiseptik alami untuk membunuh bakteri dan jamur. Salep topikal juga dapat digunakan sebelum melakukan kegiatan harian atau olahraga.

Perawatan dilakukan dengan mencegah atau mengurangi gesekan, yaitu dengan menggunakan kain berbahan anti-bakteri, adem, lembut dan menyerap keringat. Dengan demikian akan mengurangi kelembaban akibat keringat dan panas pada lipatan kulit.

Salep anti-jamur juga efektif untuk mengobati intertrigo di lapisan luar kulit. Beberapa dokter kulit juga akan menyarankan obat anti-jamur berupa pil jika kondisi pasien teramat parah.

Kesimpulan

Intertrigo adalah kondisi gatal pada lipatan kulit berupa ruam (dermatitis) akibat gesekan, suhu panas dan kelembaban yang terinfeksi bakteri dan jamur. Biasanya ada di bagian selangkangan, di balik lutut, di bawah payudara atau ketiak. Orang yang obesitas berisiko mengalami intertrigo.

Cegah intertrigo dengan menurunkan berat badan, penggunaan sabun antiseptik alami, dan salep topikal sebelum beraktivitas dan olahraga. Gunakan kain anti-bakteri yang adem, lembut dan menyerap keringat.

Obati intertrigo dengan salep anti-jamur dan atau pil anti-jamur sesuai anjuran dokter kulit.***(arya)