Cara menghilangkan bruntusan yang ampuh dan terbukti aman

Memiliki beruntusan di bagian wajah pasti sangat mengganggu penampilan karena bisa membuat wajah menjadi tidak rata. Sebetulnya bruntusan ini bukan istilah medis, hanya istilah populer untuk keadaan kulit yang tidak rata, ada bintik kecil di kulit. Nah pasti banyak di luar sana yang bertanya bagaimana sih cara menghilangkan bruntusan paling ampuh?

Sebenarnya bruntusan bisa muncul di area kulit yang lainnya tidak hanya di wajah. Pada beberapa kasus, bruntusan bisa menyebar cukup banyak di wajah hingga mengganggu penampilan dan membuat tidak PD. Ada banyak produk skin care yang saat ini sedang naik daun yang dipercaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan. Ini dia beberapa tipsnya yang bisa membantu:

1. Madu

Jika kulit wajah yang dimiliki adalah jenis kulit sensitif, maka penggunaan produk kecantikan buatan bisa membuat bruntusan makin parah. Cara terbaik menghilangkan bruntusan jika seperti itu adalah dengan bahan alami salah satunya yaitu madu. Madu biasa digunakan sejak dulu untuk membuat kulit menjadi lebih cerah tanpa kusam dan membersihkan bruntusan.

Cara memakai madu mirip dengan menggunakannya sebagai masker yakni pertama harus mencuci wajah dengan bersih dulu. Setelah itu cukup oleskan madu secara merata di seluruh bagian wajah dan diamkan hingga 30 menit. Jika sudah, maka wajah hanya perlu dibilas lagi dengan sabun dan air bersih. Cara ini bisa dilakukan 3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

2. Cuka apel

Penggunaan asam seperti cuka apel memang dianggap sangat ampuh untuk mengeringkan dan mengecilkan pori-pori yang ada di wajah. Cuka apel ini memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-mikroba sehingga penggunaannya bisa mengurangi peradangan di wajah. Sebelum menggunakan cuka apel, lebih baik jika dicoba terlebih dahulu pada bagian kulit lain memastikan tidak ada iritasi.

Untuk menggunakannya, campurkan 2 sendok makan cuka apel asli dengan 15 sendok makan air hangat. Campuran larutan ini kemudian digunakan untuk dioleskan ke wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. Penggunaan cuka apel ini bisa diulang setiap kali mandi.

3. Salicylic acid

Jika ingin memilih produk skin care maka lihatlah terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya. Jika produk pembersih wajah memiliki kandungan salicylic acid atau asam salisilat maka produk tersebut bisa digunakan menghilangkan bruntusan. Ini karena kandungan bahan ini dapat menghilangkan minyak berlebihan yang diproduksi kulit.

Asam salisilat juga bisa berfungsi untuk mendorong material debu dan kulit mati yang biasa menyumbat pori dan menyebabkan bruntusan. Sel-sel kulit mati yang ada di kulit bisa diangkat menggunakan produk yang mengandung bahan ini. Biasanya asam salisilat bisa ditemukan pada produk krim wajah atau sabun pencuci muka. Perhatikan petunjuk pemakaiannya ya!

4. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Produk skin care yang saat ini sedang naik daun adalah yang memiliki kandungan AHA di dalamnya. Bahan ini sebenarnya berfungsi dalam pengelupasan lapisan kulit mati yang sering menyumbat pori penyebab bruntusan. Tetapi penggunaan bahan ini harus sangat hati-hati karena bisa menyebabkan peradangan pada kulit.

Pilih produk yang memiliki kandungan di bawah 10% saja agar bisa lebih aman digunakan. Cukup gunakan produk dengan kandungan AHA 1x saja seminggu dan jangan lupa kenakan pelembab setelahnya. Ketika hendak keluar rumah, pastikan juga kenakan produk sunscreen untuk melindungi kulit dari cahaya matahari langsung.

Nah itu dia beberapa bahan yang paling efektif dalam menghilangkan bruntusan dari kulit wajah. Beberapa cara menghilangkan bruntusan di atas mungkin tidak cocok untuk semua orang, pastikan dulu dengan kondisi kulit yang dimiliki. Ketika bruntusan sudah parah, maka lebih baik periksakan ke dokter kulit saja agar penanganan dilakukan oleh profesional.***(olga)