Bahan kimia dalam sabun mandi yang harus diwaspadai

Setelah kita tahu tentang manfaat sabun alami tanpa diterjen di sini, mungkin sebagian kita jadi ingin tahu, memangnya ada bahan kimia apa saja yang terdapat di dalam sabun, dan apakah aman untuk kesehatan.

Bagaimana pula jika sabun terbuat dari bahan kimia alami seperti dari ekstrak tumbuhan atau buah-buahan, amankah untuk kesehatan dalam pemakaian jangka panjang ataupun pendek? Bagaimana jika terbuat dari bahan kimia sintesis?

Untuk lebih jelasnya yuk simak uraian di bawah ini;

Methylparaben
Methylparaben adalah bahan kimia berbahaya jika terdapat dalam kosmetik atau produk perawatan karena menyebabkan kerusakan pada level sel tubuh dan mengganggu system endokrin. Fungsi Methylparaben sebagai bahan pengawet dan anti-fungi (jamur). Memang kandungan bahan kimia ini dalam kosmetik atau produk perawatan biasanya di bawah 1%, tapi jika digunakan berulang-ulang?

Sodium Lauryl Sulfate
Sodium Lauryl Sulfate atau SLS adalah bahan surfaktan yang berfungsi membuat sabun berbusa. Zat kimia SLS dapat mengikis lapisan pelindung kulit dan residunya akan tersimpan di jaringan kulit dan organ.
Makin banyak busa suatu sabun berarti makin banyak kandungan SLS-nya. Jadi jangan senang dulu jika sabun mandi yang kita gunakan melimpah, enak sih buat mandi tapi efeknya bisa berbahaya. Kandungan SLS yang diperbolehkan harus dibawah 2%.

SLS juga memiliki dampak negatif pada lingkungan jika buangannya sampai ke sungai karena SLS dapat menyebabkan bakteri pengurai mati.

Parfum
Sabun mandi rasanya tidak bisa dipisahkan dari wanginya. Beberapa orang beranggapan, belum terasa mandi jika setelah mandi badan tidak harum.

Komposisi parfum dalam suatu produk biasanya menjadi rahasia perusahaan karena wangi parfum ini yang menjadi pembeda sekaligus daya jual.

Menurut sebuah penelitian beberapa komposisi pada parfum bersifat racun untuk manusia dan lingkungan.
Untuk keamanan pastikan memilih sabun mandi dengan bahan parfum alami, dari ekstrak bunga, buah atau biji-bijian.

Sabun mandi alami jadi pilihan
Kesadaran masyarakat terhadap isu kesehatan dan lingkungan makin besar, hal ini diiringi dengan mulai berkembangnya produk-produk yang dibuat dari bahan alami (back to nature) termasuk sabun mandi. Tanpa tambahan bahan kimia sintesis tapi dapat berfungsi sebagai mana fungsi sabun mandi yaitu membersihkan kulit dan menyehatkan. Harga memang lebih mahal tapi sangat baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.***(rina)