Apa itu jerawat batu dan bagaimana cara mencegahnya?

ilustrasi jerawat batu

Salah satu jerawat yang cukup mengganggu jika keberadaannya sudah muncul di wajah adalah jerawat batu. Tidak seperti jerawat pada umumnya yang biasanya berbentuk kecil, jerawat yang satu ini bentuknya jauh lebih besar, keras, dan berwarna kemerah-merahan. Selain itu, nyeri yang ditimbulkan oleh jerawat jenis ini juga akan terasa lebih sakit.

Tentu saja keberadaan jerawat yang satu ini akan sangat mengganggu penampilan. Terlebih lagi jika munculnya di waktu-waktu yang tidak tepat seperti akan ada acara besar yang mengharuskan tampil di depan publik. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas cara-cara yang bisa dilakukan agar bisa terhindar dari jerawat jenis ini.

Apa sebenarnya jerawat batu itu?

Nah sebelum membahas mengenai cara pencegahannya, ada lebih baik jika berkenalan dulu dengan tipe jerawat yang satu ini. Jika sudah kenal, maka pencegahannya pun akan lebih mudah untuk dilakukan. Jerawat yang satu ini merupakan salah satu jenis jerawat yang diakibatkan oleh penumpukan minyak dan juga sel kulit mati. Tepatnya di bagian kulit bagian dalam.

Hal ini akan menyebabkan peradangan sehingga akan menimbulkan benjolan yang ukurannya lumayan besar. Jika ada juga infeksi bakteri, maka jerawat yang satu ini akan berwarna kemerah-merahan dan biasanya disertai dengan nanah. Kalau hal ini sudah terjadi maka harus segera dilakukan perawatan agar peradangan tidak semakin meluas. Hanya saja sebelum mengalami hal tersebut ada lebih baiknya jika proses pencegahan dilakukan lebih dini.

Lalu bagaimana cara mencegah jerawat batu agar tidak muncul di wajah?

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati, maka dari itu berikut ini akan disajikan beberapa tips penting untuk dipraktekkan supaya bisa terhindar dari jerawat membandel yang satu ini. Apa saja itu? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Bersihkanlah wajah secara benar dan rutin

Cara pertama yang harus dilakukan agar terhindar dari jerawat yang satu ini adalah harus rutin membersihkan wajah. Selain itu, cara membersihkan nya juga harus dipastikan benar dan tidak asal-asalan. Gunakan juga pembersih wajah yang memang cocok dengan jenis kulit yang dimiliki agar tidak menyebabkan alergi atau iritasi.

2. Pola makan harus terjaga

Menjaga pola makan ternyata dapat menurunkan resiko munculnya jerawat pada wajah. Ada beberapa makanan yang harus dihindari atau setidaknya diminimalisir untuk dikonsumsi. Beberapa makanan tersebut adalah susu, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makanan serat rendah, cokelat, dan juga kafein.

3. Rutin olahraga dan sebisa mungkin kurangi stress

Berolahraga secara rutin ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, berolahraga juga ternyata mampu mencegahnya munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan olahraga bisa mengurangi stress yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Oleh karena itu cobalah lakukan olahraga secara rutin.

4. Tidur cukup dan teratur

Usahakanlah untuk tidur 6 sampai 8 jam dalam dalam sehari agar hormon yang ada di dalam tubuh tidak kacau. Selain itu jam tidur juga kalau bisa haruslah teratur agar tubuh terbiasa dengan jam biologis. Insomnia atau kesulitan tidur dapat memicu munculnya jerawat batu karena proses detoksifikasi pada tubuh tidak akan berjalan dengan baik.

Itulah informasi seputar pengertian dan bagaimana cara mencegah jerawat batu muncul di wajah kita. Dengan disajikannya informasi ini semoga bisa membantu mengurangi resiko munculnya jerawat batu yang tentu saja akan sangat mengganggu penampilan.***(olga)